Skip to main content

10 Tips Cerdas Mengelola Uang THR

Promo THR Blanja.com 2017

Menerima uang tunjangan hari raya (THR) merupakan hak bagi karyawan. Dengan uang THR ini, pegawai bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhannya mendekati hari raya. Sebab saat hari raya kebutuhan banyak orang itu akan mengalami peningkatan. 

Nah, bagaimna carnaya agar uang THR ini bisa cukup digunakan? Berikut ini tips penting yang perlu Anda simak.


1. Menentukan anggaran belanja
Apa saja yang akan Anda beli untuk kebutuhan hari raya nanti? Baju baru, sepatu baru, sandal baru, tiket mudik, suguhan Ramadhan, sedekah, zakat, dan lainnya.
Penting sejak awal Anda anggarkan dana tersebut agar nantinya Anda tahu apa saja yang perlu dibelanjakan. 

2. Urutkan sesuai kepentingan
Anda perlu menyusun skala prioritas dari apa yang penting sampai yang kurang penting. Dengan mengurutkan kebutuhan tersebut, Anda bisa mengetahui mana yang urgen untuk dipenuhi dan tidak. 

3. Hindari berhutang
Kalau ternyata uang THR Anda tidak mencukupi untuk memenuhi seluruh kebutuhan hari raya itu, tetap sebaiknya hindari berhutang. Sebaiknya, Anda bisa mencoba untuk memangkas anggaran yang dirasa kurang penting. Daripada nantinya Anda menjadi susah sendiri, lebih baik tidak menggunakan dana hutang untuk belanja Ramadhan. Tentu ada pengecualiannya, yaitu saat Anda memang dalam kondisi yang benar-benar terdesak. 

4. Cari Promo THR
Temukan promo THR saat Anda mau belanja kebutuhan Ramadhan dan Hari Raya. Dengan adanya diskon dan potongan harga itu akan membantu menghemat pengeluaran Anda. Promo tersebut banyak tersedia di internet.

5. Siapkan sejak awal
Sebisa mungkin jauh-jauh hari sebelumnya Anda sudah menyiapkan tabungan khusus untuk hari raya. Dengan tabungan tesebut akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan hari raya nanti. Misalnya saja kebutuhan Anda saat hari raya mencapai Rp 5 juta. Jika dikalikan selama 12 bulan berarti Anda tiap bulannya hanya perlu menyisihkan uang sekitar Rp 430.000.

6. Lunasi Hutang
Prioritaskan juga untuk membayar hutang. Jika masih memiliki hutang saat memasuki bulan Ramadhan, rasnaya hati ini kurang sreg. jika memang dari uang THR Anda tersebut masih ada kelebihan yang bisa digunakan untuk membayar hutang, Anda bisa membayarnya.

7. Jangan dihabiskan
Sekalipun Anda sudah menyusun anggaran belanjaa hari raya, tapi sebaiknya Anda sebisa mungkin tetap menghematnya. Jangan sampai anggaran tersebut dihabiskan seluruhnya. Sebisa mungkin diirit dan nantinya kelebihannya bisa Anda tabung. 

8. Investasi
Bila memang kelebihan uang THR ini masih lumayan banyak, Anda bisa mengelolanya untuk investasi. Anda bisa memilih investasi yang cocok agar nantinya dana yang Anda miliki ini bisa berkembang dnegan baik.

9. Bayar Tagihan Rutin
Seperti bayar listrik, telepon, internet, dan kebutuhan rutin lainnya. Hindari sampai menunggak karena hal ini justru bisa membantu Anda "sengsara" di bulan berikutnya. Untuk jenis tagihan rutin itu harus Anda prioritaskan untuk dibayarkan. Sehingga Anda pun bisa lebih tenang nantinya dalam menyambut hari raya. 

10. Penuhi kebutuhan secukupnya
Tidak perlu berlebih-lebihan. Belanja seperlunya saja. Hari raya bukan ajang pamer, tapi merupakan hari untuk kembali ke fitri. Jika dirasa rencana belanja Anda terlalu berlebihan, Anda bisa menguranginya dengan "membuang" anggaran belanja yang tidak diperlukan. 
Tetap hidup sederhana dengan begitu Anda pun akan bahagia.


Comments

Popular posts from this blog

LG G6 Tak Kalah Saing Dengan Samsung S8

Ponsel LG G6 konon kabarnya juga memiliki fitur yang bisa dibilang serupa dengan Galaxy S8. LG G6 kabarnya dibekali fitur pemindai wajah atau yang disebutnya sebagai 3D face-scanning. Kabar tersebut datang dari media lokal bernama The Investor yang dilansir oleh Phone Arena. Untuk menghadirkan fitur tersebut, LG bekerja sama dengan perusahaan Oez, yakni pengembang software pengenalan wajah asal Korea Selatan.
Berdasarkan laporan itu pula, fitur pemindai wajah di LG G6 akan hadir pada Juni 2017. Hadirnya fitur tersebut bersamaan dengan sistem pembayaran LG Pay. LG memilih pemindai wajah milik Oez karena software buatan perusahaan itu lebih mudah diterapkan dengan model smartphone flagship lainnya seperti LG G5 dan LG V20. Selain itu, software OezFR juga didesain agar tak mudah terkecoh dengan menggunakan foto. 
Pengenalan wajah di LG G6 diklaim menjadi yang pertama kalinya digunakan untuk sistem pembayaran di smartphone. "LG memanfaatkan OezFR untuk mendukung sistem pembayaran yang …

Inilah Daftar Taman Safari Afrika Terbaik 2017

Jika anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda anda bisa berkunjung ke taman safari, di Afrika adalah tempat paling pas untuk merasakan Safari di mana Anda bisa berpetualang dengan hewan-hewan buas dan liar secara dekat. Taman safari di sana juga beragam, ada yang memberikan pengalaman berpetualang melihat 2.5 juta keragaman hewan hingga berkemah di kandang hewan buas. Nah, berikut ini ada rekomendasi taman safari terbaik di Afrika sebagaimana dilansir dari CNN, 
Rabu (26/4/2017). Taman Nasional Maasai Mara Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati alam liar di bumi. Setiap tahunnya, sebanyak 2.5 juta hewan berimigrasi melewati Serengeti ke Tanzania dan Kenya. 
Taman Nasional Maasai Mara dideskripsikan sebagai tempat taman safari terbaik di Afrika. Anda pun bisa melihat padang tandus yang menjadi habitat singa dan cheetah. Central Kalahari Dapat dikatakan taman safari ini merupakan tempat terliar yang pernah ada, sebab Anda bisa memiliki kesempatan untuk menginap di perkema…

Pilkada Jakarta Besok Mungkin Pengaruhi Harga Saham

Halo sobat pembaca Dowebsi ,seperti yang sudah kita rasakan  pilkada DKI 2017 ini benar-benar menarik perhatian seluruh Indonesia bukan hanya di Jakarta saja. Bahkan suasana Pilkada Jakarta ini mempengaruhi harga saham seperti yang dowebsi kutip dari tribunnews , Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah ke level 5.577 turun 0,70%. Pelemahan IHSG seiring dengan memasuki periode Pilkada DKI Jakarta pada 19 April 2017.
Analis NH Korindo Sekurutas, Bima Setiaji menyampaikan, investor akan sangat mungkin fokus ke sentimen domestik yaitu pilkada DKI Jakarta dan memilih sikap wait and see.
Sentimen lainnya berasal dari sentimen geopolitik dari AS - Rusia - Suriah - China - Korea Utara yang dilihat membuat ketidakpastian dan kekhawatiran di bursa global.
"Hal ini membuat investor mengalihkan investasi ke emas dan instrumen safe haven lainnya," ujarnya dikutip Kontan, Senin (17/4/2017). Volume perdagangan sepi, yang hari ini tercatat Rp 5,6 triliun, diperkirakan Bima menular hingga eso…