Skip to main content

Pembuatan Surat Setoran Pajak Elektronik di Website Resmi DJP

Perkembangan teknologi dan informasi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan. Membayar pajak yang tadinya harus mengantri terlebih dahulu di kantor perpajakan, sekarang bisa dilakukan via online. Baru-baru ini, kebijakan pemerintah tentang pajak online yang dirilis pada pertengahan 2016 lalu telah mendapatkan respon baik dari masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang telah memanfaatkan teknologi pajak online melalui website resmi yang telah disediakan. Namun, tidak menutup kemungkinan ada sebagian orang yang masih bertanya-tanya tentang proses pembuatan surat setoran pajak elektronik tersebut. Silakan simak lebih lanjut mengenai penjelasan pajak elektronik di bawah ini. 

Cara Mudah Bayar Pajak


Cara Mudah Bayar Pajak Dengan Surat Setoran Pajak Elektronik
Kebijakan yang dibuat oleh menteri keuangan RI ini dikenal dengan istilah Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G2). Proses pembayaran pajak dapat dilakukan melalui situs Direktoral Jenderal Pajak (DJP). Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin bayar online, maka harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan kode e-Billing pajak. 

Berikut ini cara pendaftaran online formulir surat setoran elektronik (SSE) pajak: 

1. Masuklah ke website resmi terlebih dahulu di sse.pajak.go.id untuk melakukan registrasi awal pembuatan id e-Billing pajak. Nomer id berjumlah 15 digit. 

2. Anda masuk ke dalam halaman beranda website. Terdapat dua pilihan pendaftaran yaitu e-Billing versi 1 dan 2. Versi pertama jauh lebih mudah dan simpel. Sedangkan versi dua terdapat fitur tambahan dimana seseorang bisa membuat id dengan NPWP orang lain. Pembayaran pajaknya juga bisa dilakukan tanpa menggunakan NPWP. 

3. Silakan klik 'Daftar Baru' pada halaman tersebut. Proses pembuatan surat setoran pajak cukup dilakukan satu kali saja. 

4. Isilah daftar masukan yang berupa NPWP, nama lengkap Wajib Pajak, serta alamat email Wajib Pajak yang masih berlaku untuk aktivasi. Silakan masukkan nomer captcha untuk proses verifikasi. Terakhir, klik menu register. 

5. Anda akan mendapatkan pesan email yang berisi Link aktivasi akun. Silakan klik Link aktivasi tersebut segera karena akan kadaluwarsa dalam jangka waktu 3 hari. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan nomer PIN Aktivasi.

6. Id Billing dapat diperoleh setelah masuk ke web kembali menggunakan PIN Aktivasi tersebut dan NPWP.

7. Masukkan data yang berisi jenis pajak, jenis setoran, masa dan tahun pajak, serta jumlah setoran. Lalu klik 'simpan'. Form id billing siap terbit dengan masa berlaku 7 hari.

Jika telah melakukan registrasi sesuai prosedur, Anda sudah dapat melakukan proses pembayaran surat setoran pajak elektronik menggunakan id e-Billing tersebut. Silakan cetak slip billing dengan format PDF . Pembayaran dapat dilakukan melalui dan kantor Pos, Bank, ATM, Internet Banking,  ataupun Mobile Banking dengan menunjukkan slip tersebut. 

Comments

Popular posts from this blog

LG G6 Tak Kalah Saing Dengan Samsung S8

Ponsel LG G6 konon kabarnya juga memiliki fitur yang bisa dibilang serupa dengan Galaxy S8. LG G6 kabarnya dibekali fitur pemindai wajah atau yang disebutnya sebagai 3D face-scanning. Kabar tersebut datang dari media lokal bernama The Investor yang dilansir oleh Phone Arena. Untuk menghadirkan fitur tersebut, LG bekerja sama dengan perusahaan Oez, yakni pengembang software pengenalan wajah asal Korea Selatan.
Berdasarkan laporan itu pula, fitur pemindai wajah di LG G6 akan hadir pada Juni 2017. Hadirnya fitur tersebut bersamaan dengan sistem pembayaran LG Pay. LG memilih pemindai wajah milik Oez karena software buatan perusahaan itu lebih mudah diterapkan dengan model smartphone flagship lainnya seperti LG G5 dan LG V20. Selain itu, software OezFR juga didesain agar tak mudah terkecoh dengan menggunakan foto. 
Pengenalan wajah di LG G6 diklaim menjadi yang pertama kalinya digunakan untuk sistem pembayaran di smartphone. "LG memanfaatkan OezFR untuk mendukung sistem pembayaran yang …

Inilah Daftar Taman Safari Afrika Terbaik 2017

Jika anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda anda bisa berkunjung ke taman safari, di Afrika adalah tempat paling pas untuk merasakan Safari di mana Anda bisa berpetualang dengan hewan-hewan buas dan liar secara dekat. Taman safari di sana juga beragam, ada yang memberikan pengalaman berpetualang melihat 2.5 juta keragaman hewan hingga berkemah di kandang hewan buas. Nah, berikut ini ada rekomendasi taman safari terbaik di Afrika sebagaimana dilansir dari CNN, 
Rabu (26/4/2017). Taman Nasional Maasai Mara Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati alam liar di bumi. Setiap tahunnya, sebanyak 2.5 juta hewan berimigrasi melewati Serengeti ke Tanzania dan Kenya. 
Taman Nasional Maasai Mara dideskripsikan sebagai tempat taman safari terbaik di Afrika. Anda pun bisa melihat padang tandus yang menjadi habitat singa dan cheetah. Central Kalahari Dapat dikatakan taman safari ini merupakan tempat terliar yang pernah ada, sebab Anda bisa memiliki kesempatan untuk menginap di perkema…

Pilkada Jakarta Besok Mungkin Pengaruhi Harga Saham

Halo sobat pembaca Dowebsi ,seperti yang sudah kita rasakan  pilkada DKI 2017 ini benar-benar menarik perhatian seluruh Indonesia bukan hanya di Jakarta saja. Bahkan suasana Pilkada Jakarta ini mempengaruhi harga saham seperti yang dowebsi kutip dari tribunnews , Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah ke level 5.577 turun 0,70%. Pelemahan IHSG seiring dengan memasuki periode Pilkada DKI Jakarta pada 19 April 2017.
Analis NH Korindo Sekurutas, Bima Setiaji menyampaikan, investor akan sangat mungkin fokus ke sentimen domestik yaitu pilkada DKI Jakarta dan memilih sikap wait and see.
Sentimen lainnya berasal dari sentimen geopolitik dari AS - Rusia - Suriah - China - Korea Utara yang dilihat membuat ketidakpastian dan kekhawatiran di bursa global.
"Hal ini membuat investor mengalihkan investasi ke emas dan instrumen safe haven lainnya," ujarnya dikutip Kontan, Senin (17/4/2017). Volume perdagangan sepi, yang hari ini tercatat Rp 5,6 triliun, diperkirakan Bima menular hingga eso…