Pembuatan Surat Setoran Pajak Elektronik di Website Resmi DJP

Perkembangan teknologi dan informasi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan. Membayar pajak yang tadinya harus mengantri terlebih dahulu di kantor perpajakan, sekarang bisa dilakukan via online. Baru-baru ini, kebijakan pemerintah tentang pajak online yang dirilis pada pertengahan 2016 lalu telah mendapatkan respon baik dari masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang telah memanfaatkan teknologi pajak online melalui website resmi yang telah disediakan. Namun, tidak menutup kemungkinan ada sebagian orang yang masih bertanya-tanya tentang proses pembuatan surat setoran pajak elektronik tersebut. Silakan simak lebih lanjut mengenai penjelasan pajak elektronik di bawah ini. 

Cara Mudah Bayar Pajak


Cara Mudah Bayar Pajak Dengan Surat Setoran Pajak Elektronik
Kebijakan yang dibuat oleh menteri keuangan RI ini dikenal dengan istilah Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G2). Proses pembayaran pajak dapat dilakukan melalui situs Direktoral Jenderal Pajak (DJP). Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin bayar online, maka harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan kode e-Billing pajak. 

Berikut ini cara pendaftaran online formulir surat setoran elektronik (SSE) pajak: 

1. Masuklah ke website resmi terlebih dahulu di sse.pajak.go.id untuk melakukan registrasi awal pembuatan id e-Billing pajak. Nomer id berjumlah 15 digit. 

2. Anda masuk ke dalam halaman beranda website. Terdapat dua pilihan pendaftaran yaitu e-Billing versi 1 dan 2. Versi pertama jauh lebih mudah dan simpel. Sedangkan versi dua terdapat fitur tambahan dimana seseorang bisa membuat id dengan NPWP orang lain. Pembayaran pajaknya juga bisa dilakukan tanpa menggunakan NPWP. 

3. Silakan klik 'Daftar Baru' pada halaman tersebut. Proses pembuatan surat setoran pajak cukup dilakukan satu kali saja. 

4. Isilah daftar masukan yang berupa NPWP, nama lengkap Wajib Pajak, serta alamat email Wajib Pajak yang masih berlaku untuk aktivasi. Silakan masukkan nomer captcha untuk proses verifikasi. Terakhir, klik menu register. 

5. Anda akan mendapatkan pesan email yang berisi Link aktivasi akun. Silakan klik Link aktivasi tersebut segera karena akan kadaluwarsa dalam jangka waktu 3 hari. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan nomer PIN Aktivasi.

6. Id Billing dapat diperoleh setelah masuk ke web kembali menggunakan PIN Aktivasi tersebut dan NPWP.

7. Masukkan data yang berisi jenis pajak, jenis setoran, masa dan tahun pajak, serta jumlah setoran. Lalu klik 'simpan'. Form id billing siap terbit dengan masa berlaku 7 hari.

Jika telah melakukan registrasi sesuai prosedur, Anda sudah dapat melakukan proses pembayaran surat setoran pajak elektronik menggunakan id e-Billing tersebut. Silakan cetak slip billing dengan format PDF . Pembayaran dapat dilakukan melalui dan kantor Pos, Bank, ATM, Internet Banking,  ataupun Mobile Banking dengan menunjukkan slip tersebut. 

Post a Comment

0 Comments