Cara Menjaga Karpet agar Tetap Bersih dan Cantik

Jasa Karpet Rumah Sejasa

Memiliki rumah yang bersih, rapi, dan cantik hingga ke bagian terkecil merupakan impian semua orang. Lantai merupakan spot dari rumah yang paling esensial karena secara langsung akan selalu bersentuhan dengan kaki-kaki pemilik rumah. Mengenai pemilihan lantai, orang Indonesia cenderung bervariasi. Ada yang lebih memilih menggunakan parket kayu, ada yang lebih memilih melapisi lantai dengan karpet bulu, dan ada juga yang memilih untuk membiarkan lantai dihiasi ubin seperti biasa saja. Untuk yang memilih penggunaan karpet diseluruh bagian lantai rumah, pasti dalam pemasangannya menggunakan jasa desain interior. Jasa desain interior sangat dibutuhkan bila Anda ingin memasang karpet ke seluruh lantai rumah karena dengan menggunakan jasa desain interior, Anda dapat berkonsultasi dengan yang ahli mengenai jenis karpet apa yang paling bagus dan sesuai dengan Anda, namun tetap ‘ramah’ di dompet.

Membersihkan karpet merupakan pekerjaan yang cukup rumit. Apabila biasanya orang hanya perlu kain pel dan cairan pembersih untuk membersihkan ubin lantai, namun dengan karpet Anda harus meluangkan usaha yang sedikit lebih banyak. Memang, dengan menggunakan karpet Anda tidak perlu khawatir akan keharusan mengepel lantai setiap hari, namun karpet juga perlu dibersihkan secara berkala agar pernapasan anggota keluarga Anda tidak terganggu. Luangkan setidaknya sekali dalam kurun waktu dua minggu untuk menyedot debu yang menempel di karpet Anda menggunakan vacuum cleaner. Namun, apa yang harus Anda lakukan bila masalah yang menimpa karpet Anda bukan sekedar debu yang menempel melainkan noda yang sangat mengganggu? Simaklah tips dan trik di bawah ini agar karpet Anda tetap bersih, cantik, dan terbebas dari noda yang membandel.


#1: Hilangkan Noda dengan Setrika
Setrika yang biasa Anda gunakan untuk menghilangkan lipatan pakaian sehabis dicuci rupanya memiliki sifat multifungsi. Setrika bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda membandel yang menempel di karpet. Yang Anda butuhkan adalah membalurkan cuka ke atas karpet yang ada spot noda melekat, kemudian tempel dengan setrika sampai noda menghilang. 

#2: Baking Soda dan Minyak Aromaterapi = Kombinasi Sempurna
Bosan dengan karpet yang mengeluarkan bau lembab setiap saat? Atasi permasalahan tersebut dengan bermodalkan baking soda dan minyak aromaterapi yang bisa Anda dapatkan di swalayan terdekat. Yang Anda perlukan adalah satu botol semprotan isi ulang yang sudah dikosongkan terlebih dahulu, 20 tetes minyak aromaterapi, dan dua sendok makan penuh baking soda. Anda tinggal memasukkan kedua bahan ke dalam botol semprot isi ulang, mengocoknya sampai menyatu, dan semprotkan kebagian karpet yang mengeluarkan bau tak sedap. Praktis, bukan?

#4: Mengatasi Karpet Kusut
Bingung setelah menyedot debu karpet dengan vacuum cleaner, karpet jadi kusut dan membuat vacuum cleaner jadi mampet? Jangan khawatir, atasi masalah ini dengan cara mengikatkan jarring-jaring tipis (bisa dari stocking bekas) ke sekitar bagian ‘penyedot’ lalu ikatkan di selang vacuum cleaner Anda. Sekarang, karpet kusut Anda tidak akan membuat vacuum cleaner Anda mampet. 

Post a Comment

0 Comments