Tidak mudah memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh kita. Apalagi wanita, dimana kaum hawa ini sangat detail perihal penampilan. Padahal pilihan fashion item untuk wanita lebih banyak dan lucu–lucu. Misalnya saja untuk atasan wanita bisa mengenakan kaos, blazer maupun blouse wanita. Sedangkan untuk bawahan bisa rok, celana atau pants. Tapi lagi-lagi bentuk badan tidak selalu bersahabat dengan model-model pakaian yang dijual di pasaran. 

Blouse Wanita


Bentuk badan yang tentu saja berbeda satu sama lain ini memang bukan menjadi masalah baru dalam memilih pakaian. Ada yang tinggi, kurus, gemuk, berpaha besar, berpinggang kecil dan lain sebagainya. Dan kesemuanya ingin terlihat menarik dengan mengenakan pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh. 

Lalu apa yang perlu diperhatikan ketika memilih pakaian sesuai dengan bentuk tubuh? Berikut ulasannya. 

Perhatikan Proporsinya
Proporsi keseimbangan berperan penting dalam hal ini. Sebab sebenarnya kita sudah paham mana outfit yang tepat untuk dikenakan. Yang menjadi kendala adalah kita seringkali tidak memperhatikan proporsinya. Jadi, misalnya ketika kita mengenakan maxi skirt, atasan yang harus dikenakan adalah atasan yang fit body

Garis Diagonal
Apabila kita ingin memiliki penampilan bak jam pasir, maka kita disarankan mengenakan pakaian dengan garis diagonal. Jadi, lupakan keinginan kita untuk memilih pakaian dengan garis vertikal atau horisontal. Pakaian dengan garis diagonal akan memudahkan kita dalam menciptakan kesan lebih kecil pada bagian-bagian tertentu. Poin ini sangat membantu kita yang bertubuh gemuk tapi ingin terlihat langsing. 

Warna Pakaian
Seorang ahli berpendapat bahwa untuk kita yang bertubuh mungil, sebaiknya memilih pakaian dengan warna terang dan cerah. Sedangkan untuk yang bertubuh gemuk bisa menerapkan pakaian berwarna gelap. Perihal motif atau polos, pastikan proporsinya juga seimbang. Semisal, jika kita mengenakan blouse wanita polos, maka akan lebih baik apabila bawahannya bermotif. Begitu juga sebaliknya, atasan bermotif, maka bawahan polos. 

Motif Pakaian
Bukan hanya harus memperhatikan pemilihan warna, namun kita juga perlu memperhatikan pemilihan motif pakaian yang akan dikenakan. Bentuk tubuh gemuk, disarankan mengenakan pakaian dengan motif yang besar-besar. Tujuannya adalah supaya fokus beralih pada motif tersebut. Untuk menciptakan kesan lebih langsing, aplikasikan motif berwarna gelap. 

Jangan jadikan bentuk badan sebagai penghalang untuk bisa memiliki penampilan yang menarik. Asal tahu caranya, kita juga bisa kok tetap tampil kece sekalipun bentuk badan kita gemuk atau kurus. Lebih dari itu, jangan sampai kita mengeluhkan bentuk badan hanya karena kita kesulitan menemukan pakaian yang pas dengan tubuh. Tidak masalah jika kurus atau gemuk, selama jiwa dan raga kita sehat, maka ini adalah sesuatu yang harus disyukuri. Perihal penampilan, toh masih ada trik yang bisa kita terapkan.