Berita Otomotif
Power mobil atau yang sering disebut dengan nama audio amplifier, merupakan salah satu komponen yang bertumpu pada serangkaian teknologi elektronika. Fungsi dari power mobil itu sendiri untuk memperkuat sinyal audio, dimana sinyal tersebut berasal dari head unit mobil. Kemudian nanti sinyalnya akan disalurkan menuju speaker, sehingga speaker tersebut mampu mengeluarkan suara dengan frekuensi hingga 20 Hz-20. Keberadaan power mobil dapat menambah komponen speaker, yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Apabila speakernya berkapasitas 2000 w 40 ohm, maka power yang kita butuhkan harus berada di atas 2000 watt. Jika kapasitas power mobilnya berada dibawah angka tersebut, maka hal ini akan membuat audio amplifier akan mudah panas.
Seperti dilansir dari berita otomotif terbaru, kondisi panas tersebut merupakan salah satu penyebab kerusakan yang terjadi pada power mobil. Selain itu, ada juga beberapa faktor penyebab rusaknya power mobil mulai dari cara pemasangan yang tidak benar, pemakaian yang tidak beraturan, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana cara untuk memperbaiki audio mobil yang protek? Nah, bagi kamu atau siapa saja yang belum mengetahuinya, berikut di bawah ini ada 6 cara mudah dalam merawat dan memperbaiki audio mobil yang protek di rumah :
1. Siapkan Peralatan
Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki audio mobil yang protek, yakni mempersiapkan peralatan mulai dari solder, gunting, tang, kabel, lakban, dan obeng.
2. Bongkar Bagian Boxnya
Setelah peralatan yang dibutuhkan telah lengkap, maka bongkarlah box audio amplifier tersebut dengan menggunakan obeng.
3. Cek Bagian Dalamnya
Setelah box berhasil di bongkar, cek semua komponen amplifier mulai dari kabel-kabel. Apabila ada kabel yang bermasalah, segera sambungkan kembali atau jika ada yang harus diganti, maka segera untuk menggantinya dengan yang baru.
4. Cek Tegangan AC
Apabila tegangan AC tidak berfungsi, maka ada kerusakan pada bagian trafonya. Maka dari itu, ganti trafo tersebut dengan yang baru.
5. Cek Bagian Jalur PCB
Ada kemungkinan juga bahwa power audio tersebut mengalami konsleting. Sedari itu, cek bagian jalur PCB dan jumper komponen kabel-kabelnya.
6. Cek Bagian Transitor
Jika dirasa jalur PCB sudah aman, maka kamu harus mengecek bagian transitor. Apabila bermasalah, lepas transitor tersebut dan ganti dengan yang baru
Itulah 6 cara mudah dalam memperbaiki power mobil di rumah. Selamat mencobanya.