Ketika membicarakan desain grafis pasti software yang mampir di benak kamu adalah Adobe Photoshop dan CorelDraw. Kedua software tersebut memang familiar dan paling sering digunakan para desainer untuk menghasilkan mahakarya yang luar biasa. 


Banyak pemula yang kesulitan dalam mempelajari Adobe Photoshop maupun CorelDraw. Belum lagi kedua perangkat lunak tersebut tidak gratis alias berbayar. Padahal, perlu kalian ketahui, software untuk keperluan pembuatan undangan, info grafis, logo, branding tidak hanya dua itu saja. Ada banyak software serupa yang gratis serta mudah digunakan yang dapat kamu coba, yakni sebagai berikut:

1.      Adobe Spark

Adobe Spark, adalah salah satu aplikasi graphic design gratis online yang harus kamu ketahui. Software online ini dapat dengan mudah kamu gunakan untuk membuat gambar ilustrasi sederhana, video, maupun website.

Secara keseluruhan template yang tersedia bisa dikatakan premium untuk kelasnya. Pengguna bisa langsung pergi ke bagian template populer, di sana ada banyak sekali variasi template keren dan minimalis. Jika kamu masih bingung, kamu bisa nonton video di situsnya untuk memudahkanmu dalam menyelami berbagai fitur di Adobe Spark. Gratis!

2.      Canva

Canva sangat populer karena kemudahannya. Canva dapat diakses melalui komputer ataupun smartphone milikmu. Canva menawarkan banyak sekali fitur serbaguna seperti berbagai template menawan, Canva menyediakan lebih dari 60000 template,  fitur drag-and-drop, dan sebagainya. Canva, aplikasi yang kurekomendasikan untuk pemula dan orang-orang yang tidak ingin membuang banyak waktunya.

Canva tersedia di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini termasuk yang paling banyak diunduh di market tersebut.

3.      Piktochart

Butuh infografis cantik yang membuat orang langsung terpana tetapi tidak mau membuang banyak waktu untuk membuatnya? Piktochart bisa jadi alternatif. Singkatnya, Piktochart ini adalah software online sederhana, mudah digunakan, dan intuitif. Sama seperti Canva, banyak variasi template, variasi font, dan terdapat fitur drag-and-drop yang memudahkan semua proses yang ada.

Selain itu, Piktochart juga dapat digunakan untuk membuat slide presentasi. Kamu juga dapat mengunduh semua slide sebagai gambar, atau cuma membagikan link dan langsung memulai presentasi. Piktochart belum tersedia di store smartphone dan hanya bisa diakses melalui PC.

4.      Pablo

Apabila kamu ingin mencoba yang lebih mudah ketimbang tiga software di atas, kamu harus mencoba Pablo. Seperti Canva, kamu dapat memulainya dengan memilih template yang ada. Software ini dilengkapi fitur yang memungkinkan mengubah posisi teks hanya dengan sekali klik.

Kamu juga dapat mengunggah gambar, teks, dan logo, menggabungkannya menjadi kartu nama, infografis sederhana, dan sebagainya. Praktis dan mudah digunakan. Pablo belum tersedia di Google Play Store dan cuma bisa kamu akses lewat komputer atau PC.

5.      GIMP

GIMP sudah ada lebih dari dua puluh dua tahun lamanya atau bahkan sebelum kalian dilahirkan. Software gratis ini dapat digunakan untuk retouching gambar, pengeditan, mengkonversi antara format gambar yang berbeda, dan berbagai hal lainnya.

GIMP hampir sama dengan Adobe Photoshop. Bedanya GIMP gratis, sedangkan Adobe Photoshop berbayar dan GIMP mempunyai fitur terbatas ketimbang Adobe Photoshop. Meskipun begitu, GIMP memungkinkan kamu untuk mendesain dengan berbagai layer seperti Photoshop, sebuah fitur yang sangat penting untuk membuat desain grafis.

GIMP tidak dapat diakses secara online. Kamu harus mengunduh softwarenya di situs resminya.

Itulah top lima software desain gratis yang dapat kamu coba sekarang juga. Cocok buatmu yang tidak ingin membuang banyak waktu untuk mempelajari Adobe Photoshop maupun CorelDraw. Namun jika kamu membutuhkan desain dalam waktu dekat, ada baiknya kamu mengandalkan jasa desain yang tentu saja sudah kompeten.