Ini Cara Cepat Mengatasi Flu pada Bayi dan Ibu Hamil

obat flu untuk bayi

Penyakit flu bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda terutama saat cuaca sedang tak menentu seperti musim pancaroba. Bagi orang dewasa, gejala flu seperti demam, hidung tersumbat, atau bersin-bersin bisa dengan mudah diatasi dengan obat yang dijual bebas di pasaran. Namun bagaimana dengan bayi dan ibu hamil? Adakah obat flu untuk bayi dan ibu hamil yang benar-benar aman?

Cara Mengatasi Flu pada Bayi


Bayi yang baru lahir masih punya kekebalan tubuh yang lemah, sehingga virus flu bisa dengan mudah menyerang. Namun tubuh bayi yang masih terlalu kecil juga tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat-obatan, terlebih jika tanpa petunjuk dan pemeriksaan awal dari dokter spesialis anak. Anda sebagai orang tua juga harus bijak dan tetap tenang saat si kecil terserang flu. 

Sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah tepat berikut ini agar flu pada bayi bisa segera membaik:

1. Bayi harus cukup minum ASI ataupun susu formula agar kebutuhan cairannya tetap terpenuhi, terutama selama tubuh bayi masih demam.
2. Bayi harus cukup tidur untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh mereka dan terhindar dari infeksi.
3. Jangan memberikan air putih pada bayi kurang dari 6 bulan karena bisa merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuhnya.
4. Gunakan obat tetes hidung yang terbuat dari larutan air dan garam. Obat tetes ini bisa membersihkan lendir-lendir yang menyumbat hidung bayi.
5. Bayi di atas 3 bulan bisa dipijat lembut menggunakan minyak telon atau baby oil.

Cara Mengatasi Flu pada Ibu Hamil


Ibu hamil juga harus membatasi tubuh dari konsumsi obat-obatan karena mungkin bisa berbahaya bagi janin yang dikandungnya. Karena itu saat terkena flu, ibu hamil harus melakukan:

1. Perbanyak istirahat dengan posisi berbaring.
2. Perbanyak minum air putih, jus jeruk, sari buah, atau kaldu daging/ayam.
3. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C sebanyak 40mg/hari. 
4. Ibu hamil juga bisa memanfaatkan rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh, atau bawang putih. Konsumsi rempah-rempah ini bisa membantu mengobati flu.
5. Untuk melegakan pernafasan, ibu hamil bisa menghirup uap air panas dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih. 
6. Untuk mengatasi sakit kepala berat selama flu, ibu hamil bisa mengoleskan balsam atau minyak kayu putih pada bagian pelipis kemudian lakukan pijatan ringan.

Post a Comment

0 Comments