Brokoli

Asupan makanan yang baik saat ibu hamil harus memiliki gizi yang baik karena sangat berpengaruh untuk kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengetahui berbagai jenis makanan yang sehat dan bergizi untuk kehamilan agar janin tetap sehat.

Ketika hamil, ibu hamil harus menjaga pola makan dan stamina. Makanan yang bergizi adalah kebutuhan ibu namun bukan berarti semua makanan bergizi dapat ibu konsumsi begitu saja tanpa ada pantangannya. Dikarenakan ada beberapa makanan yang harus ibu hamil ketahui yang memiliki gizi tinggi namun tidak boleh dikonsumsi saat hamil seperti daging mentah dan olahan susu yang belum melewati proses pasteurisasi. Oleh karena itu kami akan berikan informasi makanan apa saja yang mengandung Vitamin ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi. Simak ya Bun !

Brokoli
Brokoli adalah makanan bergizi pertama yang wajib ibu konsumsi selama masa kehamilan. Sayuran hijau ini memiliki banyak nutrisi diantaranya kalsium dan asam folat. Dan juga brokoli menagndung serat, vitamin C dan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan sebagai daya tahan tubuh. Brokoli juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi, membantu menghilangkan sembelit, dan mencegah bayi terlahir dengan berat badan rendah.

Bayam
Sayuran hijau selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi masa kehamilan yaitu bayam. Bayam tinggi akan asam folat dan zat besi dan bagus dikonsumsi pada saat trisemester awal. Karena kandungan asam folat penting saat awal kehamilan untuk mencegah bayi mengalami cacat saraf ( pada bagian otak dan saraf tulang belakang). Selain itu, asam folat juga berguna untuk mengurangi risiko persalinan prematur dan preeklamsia. Lengkapi kebutuhan nutrisi kehamilan Bunda dengan memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam.

Pisang
Buah pisang mengandung vitamin B6 sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama, karena mampu mengurangi rasa mual yang biasanya terjadi di trimester pertama masa kehamilan. Selain itu, pisang juga kaya kalium yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit selama kehamilan.

Alpukat
Saat usia kehamilan memasuki trimester kedua, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat. Alpukat kaya sumber serat, vitamin K, vitamin C, asam folat, kalium, vitamin B6, dan tinggi asam lemak baik. Jenis lemak ini dibutuhkan ibu hamil, karena membantu perkembangan otak, sistem saraf, serta kulit dan jaringan bayi. Tidak hanya itu, alpukat juga tinggi akan kalium yang mampu mengurangi kram kaki pada kehamilan.

Jeruk
Buah jeruk adalah makanan kaya akan vitamin C, asam folat dan serat yang baik untuk ibu hamil. Buah jeruk ini mengandung 90 persen kadar air yang bermanfaat untuk membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena jika kekurangan cairan, ibu hamil akan mudah lelah. Serta kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan saraf tulang belakang pada janin, sehingga mencegah janin lahir cacat.

Ikan salmon
Ikan salmon merupakan sumber vitamin hewani yang wajib ibu hamil konsumsi semasa kehamilan karena memiliki gizi yang sangat penting. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan ibu hamil seperti EPA dan DHA yang berperan penting untuk perkembangan otak dan mata pada janin. Selain itu ikan salmon mengandung sumber vitamin D yang bagus untuk ibu dan janin. Dalam penyajian ikan salmon harus dimasak matang terlebih dahulu dan tidak bisa dimakan dalam keadaan mentah seperti olahan sushi atau sashimi. Dikarenakan jika mengkonsumsi ikan salmon mentah beresiko terkontaminasi jenis bakteri yang bisa membahayakan si janin. Namun tidak hanya ikan salmon saja, ikan yang lain juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan olahan makanan dimasak matang.