Gerakan Senam Hamil

Saat menghadapi trimester akhir kehamilan, disakankan ibu hamil mulai banyak melakukan gerakan agar saat persalinan mudah dan lancar. Ada banyak gerakan senam hamil yang bisa dilakukan ibu hamil untuk memudahkan saat persalinan.

Namun sebenarnya tidak perlu pergi ke club senam hamil karena sebenarnya ada banyak gerakan-gerakan keseharian yang juga bisa memudahkan saat persalinan, mulai dari :

1. Bersila untuk mengatur pernafasan
Ini merupakan gerakan dasar dalam senam hamil. Jangan lupa untuk menggunakan bantalan atau matras agar bokong lebih nyaman. Pastikan badan dalam keadaan tegak supaya janin tidak tertekan. Dalam posisi ini, ibu hamil bisa melatih teknik pernapasan dan gerakan ringan lainnya, seperti Menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri sebanyak 3 kali, gerakan kepala tengok kanan dan ke kiri sebanyak 3 kali, menundukkan dan juga menengadahkan kepala ke atas dan ke bawah sebanyak 3 kali, serta menggerakkan bahu naik dan turun sebanyak 3 kali.

2. Posisi tidur menghadap samping
Gerakan ini dilakukan untuk memperkuat otot kaki dan paha, serta membuat tubuh ibu hamil menjadi santai dan relaks. Beberapa ibu hamil mungkin ada yang tidak kuat bahkan hanya sekadar mengangkat kaki. Jika mengalami hal tersebut, gerakan kaki secara perlahan dan sedikit demi sedikit agar lama-lama terbiasa.

3. Merangkak
Memasuki usia 9 bulan, kamu sudah mulai harus banyak bergerak, untuk merangsang kontraksi dan proses melahirkan lebih lancar. Meski tidak terlalu lincah, tetapi ibu tetap wajib olahraga, seperti menjalankan senam hamil. Pastikan tubuh dalam posisi seperti merangkak, dengan kedua tangan dan lutut sebagai tumpuannya. Kemudian, mulailah menahan perut dan mengembungkannya kembali seperti menarik serta mehan napas. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 10 kali selama 4 kali repetisi.

4. Bersujud
Senam hamil yang memperlancar proses melahirkan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah gerakan sujud. Posisi ini sangat membantu memperbaiki posisi bayi yang sungsang dan memutarnya hingga mendekati area pelvis atau jalur lahir. Kamu hanya perlu duduk dengan posisi kaki kedua kaki bersila ke belakang. Kemudian turunkan badan ke arah depan dengan kedua tangan lurus hingga menyentuh lantai. Pastikan perut tidak tertindih, untuk mencegah hal buruk terjadi. Kamu dapat melakukannya setiap hari dengan menahan posisi tersebut selama 10 – 20 detik. Ulangi sebanyak 4 kali repetisi.

Nah, itulah beberapa gerakan sederhana yang bisa ibu hamil lakukan dirumah agar memudahkan persalinan. Selamat mencoba.